Tuesday, November 30, 2010

Anggapan keliru tentang HIV dan AIDS

Kata Orang, AIDS dapat ditularkan melalui kontak kulit dengan orang yang tertular HIV?
Jawabannya adalah NGACO. Yang benar adalah seseorang tidak mungkin tertular AIDS hanya karena bergaul dengan penderita HIV baik di sekolah, kantor, tempat kerja.
Seseorang tidak mungkin tertular hanya karena seperti ini : 
  • jabat tangan, 
  • mendekap,
  • cium pipi,
  • menggunakan toilet,
  • minum dari gelas yang samadengan penderita AIDS,
  • atau terpapar batuk atau bersin dari si penderita AIDS.
Yang perlu mendapat perhatian adalah ketika kita melakukan ciuman mulut ke mulut dengan penderita. walaupun ludah sangat sedikit mengandung virus, tetapi bila ada luka terbuka di mulut karena sariawan, atau gusi terluka, maka resiko tertular akan menjadi lebih besar.

Kata Orang, HIV tidak dapat ditularkan melalui oral seks?
Ini juga NGACO. Walau disepakati bahwa oral sex lebih kecil resikonya dalam menularkan HIV dibanding anal atau vaginal, tetapi kasusnya sama seperti dalam ciuman mulut ke mulut. bila seseorang ber-oral-ria dengan penderita, maka bila ada luka di mulut maka dimungkinkan virus HIV akan menular melalui luka terbuka tersebut.

Kata Orang, HIV dapat ditularkan melalui gigitan nyamuk?
Yang ini LEBIH NGACO LAGI <memangnya ini film House of The Dead 2 kali ya>. Ketika nyamuk mengigit seseorang, mereka tidak menginjeksi darah dari korban sebelumnya ke dalam orang baru tersebut, tetapi si nyamuk tadi menginjeksi ludah ke tubuh korbannya, dimana ludah nyamuk amat sangat berbahaya karena mengandung berbagai virus semisal malaria, Demam Berdarah. Untungnya virus HIV tidak dapat hidup di ludah nyamuk. Secara teoritis, kalau pas kita sial banget, maka andai si nyamuk tadi habis menghisap darah penderita AIDS, dan sudah kenyang banget, kita tepuk pas di kulit dengan luka terbuka, dan darah dari nyamuk bertemu dengan darah kita, maka dimungkinkan juga penularannya. tapi hampir nggak ada laporan sejauh ini, seseorang yg tertular aids karena gigitan nyamuk.

Kata Orang, HIV tidak bisa menjadi AIDS karena secara alamiah tubuh akan membentuk antibodi untuk melawan virus tersebut?
Ya ampun, dikira Alice di Resident Evil apa yang gak mempan kena virus. Anggapan ini jelas mengabaikan bukti-bukti bahwa virus dapat bersarang di tubuh kita bertahun-tahun sebelum menunjukkan gigi yang sebenarnya. Beberapa virus semisal cytomegalovirus, Herpes simplex virus, dan Varicella zoster dapat tidur bertahun-tahun setelah infeksi yang pertama dan begitu saja aktif walau ada banyak antibody di dalam tubuh.
HIV juga sangat diketahui dengan baik mampu untuk melakukan mutasi untuk menghindari respons kekebalan dari si penderita.

Kata Orang, seorang wanita yang terkena HIV/AIDS tidak bisa mempunyai anak?
Ya ampun, kena AIDS bukan jadi mandul kali. Ini adalah anggapan yang salah pula. Ibu yg terkena HIV tetap subur, meski kalau dah stadium lanjut, HIV bisa mempengaruhi si ibu sehingga memperbesar resiko keguguran. Biasanya resiko penularan HIV ke orok yang belum lahir adalah antara 15-30&#37; tetapi hal ini bisa diturunkan ke 2-3% bila si ibu mengikuti petunjuk dari dokter.

 Kata Orang, Jangan pernah berhubungan sex di luar nikah?
Nah ini yang saya setubuh, eh setuju deng. Ntar kalo setubuh kena HIV ama AIDS lagi hehe

    0 comments: