Saturday, November 13, 2010

Hal-hal Unik yang terjadi pada bulan November

Tak terasa tahun 2010 akan segera berakhir. Walaupun begitu telah terjadi banyak sekali peristiwa di bulan November ini, begitu juga pada masa lalu. Mari kita menyimak hal-hal unik yang terjadi pada bulan November.

12 November 1945 : 
Soedirman menjadi Panglima Besar TKR/ Panglima Angkatan Perang RI pertama dan termuda. Ia dipilih melalui konferensi TKR. Waktu itu ia berusia 31 tahun. Jendral Soedirman meninggal dunia pada tanggal 29 Januari 1950 di Magelang, Jawa Tengah, karena TBC. Ia dimakamkan di TMP Kusuma Negara Semaki, Yogyakarta. Ia disebut Pahlawan Pembela Kebenaran. Dan pada tahun 1997 pahlawan ini digelari Jendral Besar Anumerta bintang lima. Sampai sekarang hanya beberapa orang yang mendapat gelar/pangkat demikian.

13 November 1980 :
Gabriella Brum, seorang gadis canti berusia 18 tahun dari Jerman, dinobatkan sebagai "Miss World 1980". Dalam ajang yang digelar Royal Albert Hall, London, itu ia berhasil menyisihkan 67 kontestan. Tapi 18 jam kemudian, tepatnya 14 November, ia mengembalikan tiara dengan alasan kekasihnya yang berusia 52 tahun tidak setuju. Usut punya usut, itu karena ia pernah berpose telanjang untuk sebuah masalah. Akhirnya yang menjadi "Miss World 1980" adalah Kimberly Santos dari Guam yang sebelumnya menjadi Runner Up I. Santos baru dimahkotai pada 28 November.

15 November 1978 :
Pesawat yang membawa 249 jamaah Haji kloter Kalimantan Selatan dari Jeddah ke Indonesia jatuh di dekat Kolombo, Sri Lanka. Sebanyak 175 orang tewas. Disana juga, pada Desember 1974, jatuh pesawat Martin Air yang disewa Garuda untuk membawa Jamaah Haji asal Indonesia. Pesawat jatuh ketika akan mendarat di bandar udara Kolombo. Sebanyak 191 orang tewas.

16 November 1995 : 
Unesco, dalam rangka membangun kesadaran warga dunia akan bahaya intoleransi, menetapkan tanggal 16 November sebagai International Day of Tolerance : "In order to generate public awareness, emphasize the dangers of intolerance and react with renewed commitment and action in support of tolerance promotion and education, we solemnly proclaim 16 November the annual International Day for Tolerance. This day will start in 1996 on the 16th of November every year.

0 comments: