Monday, August 27, 2012

Sejarah perkembangan web

Selamat pagi, hari ini gw akan sedikit menulis serius mengenai sejarah perkembangan web yang ada saat ini. Dan kebetulan penelitian yang sedang gw lakukan adalah mengenai semantic web yakni web yang cerdas dan mampu berpikir seperti manusia (kira-kira begitu tapi ya ga seperti manusia juga). Nah untuk lebih mengerti pemahamannya mari kita bahas satu per satu.

Pertama adalah web 1.0 yang merupakan pengembangan web yang paling pertama ada di dunia. Teknologi web ini merupakan revolusi di dunia internet karena telah mengubah cara kerja di dunia industri dan media. Pada dasarnya, website yang dibangun pada generasi pertama ini secara umum dikembangkan untuk pengaksesan informasi dan memiliki sifat yang yang sedikit interaktif. Berbagai website yang seperti situs berita "cnn.com" dapat dikategorikan ke dalam jenis ini. "CNN.com" yang dimaksud adalah versi lama dimana tidak ada interaksi antara user dan interface. Jadi user hanya bisa melihat dan membaca saja tanpa bisa berhubungan langsung dengan website.


Lanjut ke web 2.0, yang merupakan revolusi bisnis di industri komputer yang disebabkan oleh penggunaan internet sebagai platform dan merupakan suatu percobaan untuk memahami berbagai aturan untuk mencapai keberhasilan pada platform baru tersebut. Salah satu aturan utama adalah membangun aplikasi yang mengeksploitasi efek jaringan untuk mendapatkan lebih banyak lagi pengguna aplikasi tersebut. Pada umumnya website yang dibangun dengan menggunakan teknologi web 2.0 memiliki fitur-fitur sebagai berikut :

  1. CSS (Cascading Style Sheet)
  2. Aplikasi Rich Internet atau berbasis AJAX
  3. Markup XHTML
  4. Sindikasi dan agregasi data menggunakan RSS/atom
  5. URL yang valid
  6. Folksonomies
  7. Aplikasi wiki pada sebagian atau seluruh website
  8. XML berbasis Web-Service atau API.

Nah yang sekarang masih dalam tahap pengembangan adalah web 3.0 yang merupakan sekumpulan teknologi yang menawarkan cara baru yang efisien dalam membantu komputer mengorganisasi dan menarik kesimpulan dari data online. Jadi intinya adalah bahwa web yang ada mengumpulkan data-data di dalam dunia maya lalu mengorganisir menjadi satu informasi yang utuh. >

Oke demikian sekilas mengenai sejarah perkembangan web. Semoga berguna hehe.. kalau ada koreksi monggo, soalnya disini kita bakal sama-sama belajar.

0 comments: