Thursday, September 20, 2012

Tentang SAP

Selamat malam, hari ini gw akan menulis sedikit tentang SAP. Mungkin udah ada yang pernah dengar tentang SAP sebelumnya? Gw mulai mengetahui SAP sejak masuk ke semester 4 karena mempelajari mata kuliah sistem basis data. SAP merupakan sebuah software yang sangat besar dan sangat kompleks karena memuat semua solusi bisnis perusahaan. Makanya sempat ada yang bilang bahwa SAP merupakan singkatan dari "Setan Aja Pusing". Yah, tapi di lain hal, SAP konsultan merupakan suatu pekerjaan dengan gaji yang sangat menggiurkan karena untuk bisa mengkustomisasi software tersebut merupakan sebuah pekerjaan yang sangat sulit dan hampir bisa dipastikan akan gagal. (Sebenarnya bukan gagal cuma waktu implementasi bakalan ngaret, jadi bisa dibilang gagal.)

Jadi kapan sih dibuatnya SAP untuk yang pertama kali?
SAP didirikan di Walldorf, Jerman pada tahun 1972.  SAP memiliki visi sebagai software company terbesar di dunia dalam bidang bisnis. SAP juga dikenal sebagai provider independent ke 3 terbesar di Dunia. Secara statistik, SAP terdiri dari lebih 45000 pekerja dan tersebar di 50 negara. Selain itu, perusahaan software ini juga memiliki lebih dari 1500 partner dan memiliki lebih dari 95000 customer yang tersebar di 120 negara. SAP company juga memiliki 12 juta user dan juga telah melakukan lebih dari 100.000 instalasi.

Lalu apa yang dimaksud dengan SAP sebagai Enterprise Resources Planning?
SAP membuat software yang mampu menjawab tuntutan perusahaan-perusahaan dalam mensupport bisnis prosesnya. Maksudnya adalah bahwa SAP membangun sotware yang sesuai dengan bisnis proses perusahaan tersebut sesuai dengan industry solution yang ditawarkan oleh SAP (akan dibahas lebih lanjut nanti). Selain itu SAP juga memiliki solusi enterprise yang dapat dipisah untuk modul yang dibutuhkan perusahaan tersebut seperti bagian finance, logistik, HR, Production, etc.

Bagaimana dengan arsitektur SAP itu sendiri?
SAP memiliki 2 buah environment yakni untuk bagian client dan bagian server. Di client, software bisa meminta services ke inti dari resource sedangkan pada bagian server menyediakan service untuk beberapa grup client dalam sebuah environment yang terkontrol. SAP sendiri merupakan 3 tier arsitektur yang terdiri dari GUI, Application server dan Database server. Kalau penjelasannya cari aja di google aja ya, males ngejelasinnya hehe.

Terakhir, kasih tahu dong mengenai SAP Industry Solution?
Jadi SAP Industry Solution terdiri dari Automotive, Banking, Chemical, High Tech, Insurance, Utilities, Media, Oil & Gas, dan lain-lain. Intinya adalah perusahaan skala-skala besar gitu deh. 

Ya sekian untuk tulisan malam ini, semoga berguna bagi kita semua hihi

1 comments:

Tsuki nyo said...

Hi, numpang ngasih info dikit :)
ini tempat kursus SAP yang bagus:

Www.tinyurl.com/soonkas

karena dia official partnernya SAP Jerman jadi nanti bisa ikut ujian sertifikasi yang nantinya akan dapat sertifikat resmi yang diakuin internasional.
dan kita juga ngasih kisi2 kira2 ujian sertifikasinya itu gimana sih :)

buat mahasiswa kita juga ada promo harga khusus..

kalo kk masih galau mau ambil modul apa ato gimana coba aja dulu konsultasi sama orangnya ^^ biasanya yah, tiap sabtu ada free trial dimana kk bisa tanya2 dulu nanti kalo kk masuk disana sistem belajar/yang kk dapet dr sana itu apa sih..
Monggo di coba cek dulu ~♪ terutama dibagian event ^^
Thanks.