Sunday, October 21, 2012

Ijazah dan Sertifikasi

"Udah lulus belum? Mau kerja dimana nanti?", merupakan sebuah pertanyaan yang bakal didengar oleh mahasiswa-mahasiswa semester akhir. Untungnya di kampus gw, mahasiswanya rata-rata udah kerja sebelum lulus bahkan ada yang milih kerja terus sampai ga mau ngerjain skripsi. Lalu apa yang membuat gw pengen nulis kayak gini? Sebenarnya ini gara-gara seminar yang diadakan di kampus gw setiap hari Jumat. Seminar ini merupakan sebuah mata kuliah wajib untuk mahasiswa semester 7 jurusan teknik informatika di kampus gw. Disini para mahasiswa dituntut untuk jadi event organizer acara tersebut agar makin banyak orang-orang yang melek terhadap perkembangan ICT.

Semula gw menganggap seminar ini hanya merupakan mata kuliah biasa karena ya ujung-ujungnya cuma cari nilai doank. Dan untuk penilaian sangat mudah karena dosen gw agak-agak sarap, dimana kelas lain harus buat laporan untuk setiap pertemuan sedangkan dosen gw gak perlu buat laporan karena udah tahu paling mahasiswa saling kopi paste aja nanti (true story). Untuk mahasiswa yang ingin mendapatkan nilai di mata kuliah ini harus bisa mengundang banyak orang untuk datang ke acara ini. Sedangkan jika mahasiswa mampu mengundang artis untuk jadi tamu maka akan secara otomatis mendapatkan nilai A. Demikian juga untuk pembicara kalau dia merupakan orang terkenal di bidang IT. Katanya kalau lo bisa undang Obama jadi tamu, gw pindah agama deh, gw sembah lo. Kata dosen gw tuh wkwkwk.

Oke, yang tadi hanya intermezzo saja. Balik ke topik lagi, jadi kemaren gw sempet nanya pas seminar mengenai penting gak seh sertifikasi buat mahasiswa yang mau lulus? Menurut pembicara dari oracle yang di seminar jumat lalu itu merupakan sebuah hal penting karena itu adalah sebuah bukti bahwa seorang mahasiswa telah memiliki differensiasi dengan mahasiswa yang juga baru lulus. Walaupun mereka berdua sama-sama S.kom (contoh) apabila salah satu sudah sertifikasi sedangkan yang satu belum tentu nilai jual yang yang lebih tinggi adalah yang telah memiliki sertifikasi.

Namun ketika berbicara itu muncul sebuah pertanyaan. Kalau seandainya perusahaan membutuhkan seorang konsultan dan terdapat dua orang yang melamar diantaranya adalah fresh graduate dengan sertifikasi dan seorang yang telah berpengalaman dengan project tersebut ( masalah yang akan dihadapi perusahaan) mana yang akan dipilih? Menurutnya adalah tergantung kebutuhan perusahaan tersebut. Apakah sistem yang dibuat urgent? Apakah perusahaan tersebut mencari seorang yang akan meniti karir? karena jika perusahaan memang sedang dalam hal urgent maka sudah pasti yang berpengalaman akan diambil karena masalah sudah banyak hal yang pernah ditangani orang tersebut. Kalau untuk dipelihara dalam jangka waktu lama kedepannya sudah pasti yang fresh graduate.

Jadi penting gak seh ijazah S1 kalau ujung-ujungnya sertifikasi yang dilihat? Ya sebenarnya penting untuk melihat nilai jual kedepannya. Karena sudah pasti lulusan S1 memiliki nilai jual yang lebih tinggi ketimbang lulusan SMA dan D3. Tapi ya balik lagi sekarang, kalau cuma gelar doank gak akan cukup, butuh pengalaman dan juga skill di lapangan. Percuma hebat di kampus dan pandai di kelas kalau di tempat kerja kicep dan gak bisa apa-apa.  Ya S1 tetap penting karena tidak akan pernah diperpanjang dan sekali seumur hidup menempel di belakang nama kita, berbeda dengan sertifikasi dimana harus diperpanjang dan juga di tes tiap tahunnya.

Lalu gimana bro mengenai masalah gaji? Kalau gaji seh ujung-ujungnya sama aja. Pembicara dari oracle kemaren bilang bahwa lulusan yang sudah memiliki sertifikasi akan memiliki gaji yang lebih tinggi ketimbang yang lulusan tanpa sertifikasi. Nyatanya hal itu tidak benar karena banyak perusahaan yang menilai bahwa lulusan dengan PENGALAMAN itu lebih penting ketimbang sertifikasi semata. Jadi kalau sama-sama fresh graduate maka yang akan terpilih adalah yang memilih sertifikasi tapi dengan gaji fresh graduate.

Oke langsung aja ke konklusi aja ya kawan hehe :
  1. Ijazah itu penting bro, walaupun sekarang banyak perusahaan gak mandang ijazah tapi tetep aja kalau mau lebih punya nilai jual ya harus punya ijazah.
  2. Ijazah merupakan tanda bahwa lo sudah pantas memiliki gelar S1. Ini akan dipakai seumur hidup lo dan gak akan diperpanjang bro. Jadi nempel terus dinama kayak lalat nempel di santan (loh?)
  3. Jangan terpaku sama ijazah bagus, karena kenyataannya di luar lebih banyak orang yang sukses tanpa memiliki ijazah yang lebih baik. Tapi ini bukan berarti kalau ijazah bagus gak bisa sukses. Harus diubah mindset kayak begitu.
  4. Sebelum lulus ada baiknya lo pernah kerja sama orang, ini untuk membuktikan bahwa sebelum lo punya ijazah aja orang udah nyari dan mau memakai jasa dari lo. Jadi bisa dibilang untuk menambah nilai jual lo.
  5. Untuk masalah sertifikasi, ini memang penting. Tapi lihat lagi dari masalah urgent tidaknya karena ada hrd yang melihat pengalaman, ada juga yang melihat gelar profesional (sertifikasi).
  6. Nilai jual sertifikasi untuk fresh graduate sama saja. Maksudnya gaji yang ditawarkan oleh perusahaan untuk fresh graduate yang memiliki sertifikasi sama dengan yang tidak memiliki sertfikasi. Hanya saja nilai rekomendasinya lebih tinggi yang memiliki sertifikasi.
Ya jadi begitu aja seh intinya hehe. gimana masih bingung gak? hhee

Baca juga artikel seru lainnya dibawah ini :

0 comments: