Tuesday, October 2, 2012

Membuat Login via Browser ID

Halo, selamat malam semua. Akhirnya sang programmer kembali mendapatkan semangatnya untuk menulis tutorial mengenai programming hehe. Kali ini gw akan membahas mengenai sign in. Mungkin biasanya programmer akan membuat sign in/ log in sendiri untuk masuk ke web yang telah dibuat sebelumnya. Hanya saja dengan membuat log in seperti ini akan membuat seorang user harus menghafal lagi sebuah username dan password untuk bisa masuk ke dalam web buatan anda. Nah, oleh karena itu beberapa programmer menggunakan user log in yang mungkin sudah anda punya seperti facebook log in, twitter log in, yahoo log in atau google account log in. So, kali ini gw akan membahas mengenai log in via browser id.

Sebelumnya semua dokumentasi mengenai log-in via browser id telah disediakan lengkap disini . Hanya saja dokumentasinya terlalu ribet untuk seorang pemula, apalagi para newbie yang baru belajar, jadi gw buat yang simpel buat programmer semua. Pake bahasa Indonesia lagi.

Pertama-tama harus buat download dulu logo browser IDnya. (biar kelihatan lebih profesional hehe). Neh gw kasih logonya : 





Lalu yang kedua adalah langsung kita koding aja, buat halaman bernama index.html (pake html aja ya, ga usa sok2an pake php hehe).



Code diatas hanya jquery dan javascript biasa. Yang terpenting adalah lo harus benar dalam menulis javascript karena salah meletakkan javascript code atau lupa menulis berakibat pop window tidak muncul atau malah error.

Nah bagian yang terakhir atau yang ketiga adalah authenticationnya. Ini harus ditulis dari php karena emang udah ketentuan dari pihak mozilla. 


Untuk memastikan bahwa lo telah berhasil log in, maka auth.php ini akan mengirim json yang telah didecode. Oleh karena itu, hasil jsonnya harus ditampung dalam sebuah variabel lalu diubah menjadi session agar bisa dipakai. 

Kalau semua code diatas sudah ditulis maka, selamat anda berhasil membuat log in via browser id, hanya saja belum terhubung ke database. Bagaimana menghubungkan dengan database? Ya itu dicoba-coba aja sendiri ya, kalau gak langsung komen aja disini hehe.

Selamat mencoba guys hehe

0 comments: