Sunday, October 7, 2012

Pekerjaan di Social Media

Halo, ketemu lagi neh akhirnya setelah melewati malam minggu yang berkualitas bersama temen-temen gw. Sebenarnya seh agak gak berkualitas gara-gara neh manusia-manusia sialan yang ngatain blog gw gara-gara iklan penis. Lah kalau gak mau baca mah jangan dibuka ya, tapi emang temen-temen gw ini tingkat kekepoannya sudah diatas rata-rata, jadi bisa saya cukup maklumi. Tapi bukan cerita tentang temen-temen gw yang bakal gw tulis tapi tentang Social Media yang sekarang sedang ngehitz banget bro di kalangan anak muda. 

Ceritanya kemaren gw baca-baca tuh mengenai lowongan web developer yang ada di kaskus.co.id. Nah pas lagi baca, ketemu tuh sebuah kantor yang sedang mencari web programmer, tapi gw tertarik dengan lowongan pekerjaan yang ada setelahnya yakni Social Media Specialist. Gw pikir ini kerjaannya ngapain ya? Pas gw baca dibawahnya adalah menghandle semua social media yang dipunyai di kantor tersebut dan menunjukkan citra baik perusahaan tersebut ke masyarakat melalui jaringan sosial media. So, jadi begitu toh kerjaannya, model PR gitu. Nah karena itu gw akan mengklasifikasikan pekerjaan di Social Media (sebenarnya seh bukan kerjaan sih, cuma gw bingung nyebutnya apalagi) menurut pemantauan ane hehe :

1. Social Media Enthusiast

Sesuai namanya, enthusiast yang artinya antusias (cuma di bahasa Indonesiain hehe) merupakan sebuah ahli di bidang social media yang memiliki banyak aktivitas di dunia maya yang menarik perhatian para pengguna internet karena membuat sebuah konten yang positif. Nah contoh usernya adalah @benakribo (nama user twitternya).

2.  Social Media Expert

Nah, yang berikutnya expert. Gw juga ga ngerti kenapa dibilang expert, tapi menurut penerawangan gw kayaknya seh merupakan seorang ahli social media yang jago dalam mengetahui perkembangan social media. Maksudnya social media sekarang kan ada banyak, nah si expert ini bisa tahu jenis social media mana yang bakal booming dan dikunjungi oleh para pengguna dunia maya ke depannya. Contoh orangnya : Roby Muhammad (kaskus).

3. Executive Social Media


Ini juga sama, gw juga ga ngerti, maksudnya apaan coba pake executive. Tapi berdasarkan hipotesa gw, executive disini adalah sebuah profesi dimana dia menekuni social media sebagai sebuah mata pencaharian (bener gak sih penulisannya).  Berbeda dengan socmed enthusiast yang hanya mementingkan hobi dan kesenangan semata, yang ini lebih kearah duit bro hehe. Contoh manusianya adalah Andika Rahmawati.

4. Social Media Bigotris 

Nah, kalo ini merupakan seorang ahli sosial media yang hobi banget bikin rusuh di dunia maya. Mereka biasanya minim pengetahuan namun maksimal bacotnya. Mereka sangat berbahaya karena bisa kagebunshin kayak naruto( kalau 1 akun diblok mereka bikin akun yang lain). Tujuan akhir mereka adalah membuat kerusuhan di dunia maya. Jadi berhati-hatilah bertemu dengan para bigotris ini karena mereka bisa menerjang anda dimana saja hehe (waspadalah, waspadalah).

5. Social Media Preneurship

Social Media Preneurship adalah orang yang menggunakan social media untuk mengembangkan usahanya. Mirip dengan Executive Social Media hanya saja kalau Social Media Preneurship itu karyanya sendiri yang mungkin dimulai dari hobi lalu dikembangkan menjadi sesuatu yang bermanfaat dan pada akhirnya membawa keuntungan bagi dirinya. Nah kalo contohnya kayak terselubung.blogspot.com.

6. Social Media Opportunist

Ternyata opportunis tidak hanya ada di dunia nyata, tapi ada juga di dunia maya. Nah Social Media Opportunis merupakan seorang yang menggunakan social media untuk kepentingannya sendiri, biasanya seh busuk. Nah contoh yang paling simpel tuh di twitter ketika lo punya banyak follower dan mulai menyebar isu yang tidak benar. Kalo soal ini bisa langsung gw kasih contoh kayak akun @triomacan2000. Kenapa gw bilang opportunis? Ya baca aja sendiri twit2nya. 

7. Social Media Celebrity

Ya, ini hampir sama opportunis seh sebenarnya yakni orang awam biasa yang pake social media cuma terkenal di dunia maya. Biasanya mereka terkenal karena informasi yang mereka sebenarkan di social media. Contoh yang paling simpel adalah si unyu lolita lavietha @tlvi. Dia cuma cewek kantoran biasa tapi karena twit2nya galau maka mewakili perasaan manusia-manusia galau dunia maya. So, jadi banyak deh followernya.

8. Social Media Ngenes

Nah, kalo ini sebenarnya cuma buatan gw. Khusus buat orang yang pengen banget eksis di dunia maya akhirnya gagal, desperate dan akhirnya bunuh diri (lebay haha). Ya pokonya nih tipikal penipu gitu deh, contohnya @JTmor gitu (kata @hansdavidian). Ya kalo mw cek langsung aja ketemu orangnya, soalnya si timor jagoan dunia maya, gak berani ketemu langsung di dunia nyata.

Demikian sedikit analisis dan hipotesa gw, semoga berguna bagi kita semua (gaya Andy F Noya). Terima kasih. :D

0 comments: