Monday, October 1, 2012

Tutorial Membuat Pop Up Window

Oke, kebetulan bisa nulis lagi malam ini hehe. Kali ini gw pengen banget ngepost mengenai tutorial programming gitu. Masa blog punya programmer kagak ada tutorial tentang koding? kan lucu aja hehe. Jadi gw akan menulis mengenai cara buat tutorial pop up hehe. Sederhana? ah kata siapa, belum tentu semua web programmer bisa, buktinya gw hehe. Tutorial kali ini adalah cara ngirim data dari form tapi ga lewat tab baru, jadi pake pop up window gitu kayak log in via brower id hehe. Berikut tutorialnya masbro :




Berikut penjelasan dari koding di atas : 
Pertama-tama html yang ada diatas sudah menggunakan html 5 karena headernya adalah  <!DOCTYPE html>
<html lang="en"> 

Lalu untuk membuat pop up menu maka kita perlu membuat sebuah fungsi javascript yakni jendelabaru() [hanya merupakan fungsi contoh, lo bisa mengganti sesuka dengan nama yang lo pengen]. Di dalam fungsi tersebut terdapat fungsi lagi yakni window.open().

Sintaks window.open merupakan bawaan javascript, berikut pola penulisannya : 
window.open('url', 'nama window', 'spesifikasi window pop up', 'replace')
fungsi replace di belakang spesifikasi tidak perlu diisi jadi dilewati saja seperti yang ditulis di koding di atas.

Nah untuk bisa memanggil koding tersebut maka digunakanlah sebuah kode html untuk mentrigger pop up yakni <a href></a>. Sebenarnya tidak perlu menggunakan <a href> juga tidak masalah asal tetap menggunakan onclick yang mentrigger fungsi dari javascript yang kita buat sebelumnya.

Kalau udah jadi coba dijalankan maka akan muncul window baru. Isi window baru tergantung dari html yang anda buat sebelumnya. Kalo gw buatnya di dalam ada formnya seperti yang koding gw diatas. Nah untuk menutup window yang kita buat maka kita gunakan fungsi window.close().

Simpel bukan kodingnya? sama gw juga baru tahu tadi, semoga bermanfaat bagi kita semua, salam super dari mario gareng haha :D

0 comments: