Friday, January 11, 2013

Bekerja dan Kuliah

HAAALLLOOOO, Akhirnya bisa nulis lagi karena gw lagi sibuk (lagi). Eh tapi ini beneran ya sibuk ya, bukannya sok sibuk. Sibuk gw kali ini bukan karena kerjaan karena sekarang kerjaan gw udah agak nyantai cuma sayangnya proposal skripsi dan kerjaan di luar kantor alias ngobyek cukup membuat pusing gw hehe. Oke kali ini gw akan ngebahas mengenai dunia pekerjaan dan dunia kuliah. Enakan mana sih dunia pekerjaan dan kuliah? Mungkin ini akan sedikit membuka mata lo yang sampai sekarang belum pernah terlibat di dunia pekerjaan dan eksis di kampus aja. Tetapi sebaliknya, buat lo yang udah kerja dan melupakan dunia kuliah ini juga buat membuka mata lo hehe. Eh tapi bukan gw berarti eksis di dua tempat sekaligus loh, cuma gw buat skala prioritas aja hehe.

Gw masih inget dengan kejadian waktu semester 4, waktu gw mau wawancara rektor ketika ingin membangun sebuah sistem. Disana ada dosen ilkom yang bernama OJ berbicara dengan beberapa orang kompas TV untuk mengembangkan sebuah acara. Waktu itu gw duduk disitu dengan seorang teman gw bernam aadul. Gw pun duduk menunggu dengan tenang keluarnya pak Ninok sang rektor setelah rapat untuk gw wawancarai. Nah, secara tak sengaja gw mendengar percakapan sang dosen dengan orang kompas TV. Berikut reka ulang percakapan sang dosen dan orang kompas TV. 

OJ : Jadi bagaimana dengan acara kompas TV yang berjudul bla bla bla (gw lupa judul acaranya apa)
KTV human : iya, saya melihat bahwa acara ini sangat bagus dan kemungkinan akan menarik banyak perhatian orang.
OJ : tapi nanti saya akan mengambil banyak mahasiswa disini untuk membantu dalam pengerjaan acara tersebut.
KTV human : bagus juga, sekalian biar mereka belajar. Tapi apa mereka bisa mengerjakan ini secara profesional.
OJ : yah seharusnya bisa, karena saya saja dulu bisa seperti itu. Jadi mahasiswa jangan manja lah.

KTV human : Iya, mahasiswa jaman sekarang terlalu manja, dikit-dikit minta diajarin. Tidak seperti jaman kita dulu waktu masih mahasiswa. semua harus belajar sendiri, otodidak lah. Dosen mana mau ngajarin.
OJ : Benar banget tuh, alasannya banyak tugas lah, belum pernah pakai lah. Kan bisa dipelajarin sendiri.
(nah ini dia neh, entah perasaan gw aja, atau emang sengaja dia ngomong keras supaya gw yang ada disitu dengar).
OJ : Dulu pas saya di Amerika, saya kuliah sambil kerja. Setiap senin sampai sabtu, itu saya tidur paling banter cuma 2 jam. Cuma hari Minggu saya bisa tidur 8 jam. Buat saya itu udah barang yang sangat mewah. Mahasiswa emang sekarang udah pada payah.
KTV human : bener banget tuh, emang payah mahasiswa jaman sekarang.
Waktu dengar nih dosen bilang gitu, gw ngomong dalam hati, ya elah waktu gw juga sekarang udah mengalami kayak gitu kali. Ngerjain tugas sampe kagak tidur. Apalagi kalau udah menjelang uas. Tugas udah numpuk. Waktu itu gw merasakan bahwa gw merasa benar dan tidak terlalu menghiraukan apa kata si OJ. Dan ternyata salah satu dosen bernama Mr. Eka juga berbicara mengenai hal yang sama dengan si OJ. Berikut percakapannya dengan mahasiswa waktu itu. 
Mahasiswa : Pak, tugasnya banyak amat sih. ada tugas kelompok, tugas mandiri. Yang lain kan juga ada tugas pak.
Mr. Eka : Yah elah segitu doank kok ribut. Ntar kalo kerja bagaimana? 
Mahasiswa : Tiap mata kuliah ada tugasnya pak, mending kalo cuma bikin program sederhana. Ini bikin program yang ribet kayak bapak, website, twitter client. Kita sampai gak tidur ngerjainnya.
Mr. Eka : lah kalian baru gak tidur pas ada tugas aja udah ribut. Nanti kalo kalian udah kerja dijamin kalian gak akan bisa tidur.
Mahasiswa : ah yang benar pak? masa ampe segitunya?
Mr. Eka : Nanti kalian rasakan, tunggu aja tanggal mainnya.
Pas gw denger itu, gw masih nganggap, ya elah ga begitu juga kali. Buktinya gw udah kerja 2 kali tapi gak pernah merasakan kayak begitu. Itu paling akal-akalan pak Eka aja biar anak-anak jadi semangat dalam mengerjakan tugasnya. So, akhirnya tiba sampai gw merasakan yang namanya kerja di semester 7.

Nah, semester 7 ini abis magang gw memutuskan untuk mencari kerja part time di sebuah vendor software gitu. Kebetulan gw dapat kerjaan di perusahaan yang baru terbentuk, tapi kliennya rata-rata perusahaan bonafit seperti PT Trakindo, Fremantle Media, BUMN. Nah disini gw merasakan yang namanya bekerja. Tadinya gw bekerja hanya 3 hari yakni Senin- Rabu aja. Tapi sang bos meminta gw untuk tetap datang di hari kamis dan jumat setelah kuliah. Karena gw pikir kalo malam udah pasti donk kerjaannya dikit. Paling banter kerja cuma buat naro muka doank. Akhirnya gw okein tuh perjanjian awalnya. Eh ternyata, nih kantor bisa tutup ampe jam 12. Benar-benar vendor deh pokonya. Kejar-kejaran kerjaan karena proyek dari klien sangat banyak. Belum lagi dikantor ini programmernya cuma bertiga sedangkan proyeknya ada 10. Ya mampus aja tuh kan.

Nah disini gw merasakan bahwa kerja tuh capek banget. Apa yang gw rasakan pas magang dan kerja libur benar-benar beda. Waktu kerja libur ya kerjaan lo paling-paling bantu aja, cuma buat bagus-bagusin CV aja. Kalo magang cuma sekedar syarat buat bisa ikut mata kuliah magang. Nyaris gak ada apa-apanya sama kerja di dunia nyata. Lo harus dikejar-kejar yang namanya Deadline. Belum lagi kalo terjadi revisi mendadak dari klien. Itu ngebuat gw makin stres, ditambah gw masih harus kuliah. Pokonya stres banget dah. Dan pengalaman gw yang paling parah adalah ketika gw harus kerja di kantor dari pagi ketemu pagi. Gw bilang itu gila banget. Sampai bolos kuliah bro.

Jadi ceritanya adalah gw ngerjain proyek dari PT Trakindo. Hari itu hari kamis dan hari jumatnya si klien datang ke kantor untuk mengambil berkas program. Tapi hari kamis itu programnya juga belum kelar. Akhirnya gw harus datang ke kantor untuk ngerjain. Gw pun sampai harus bolos agar tuh kerjaan bisa kelar. Yang bikin gila adalah pas gw udah tidur, si pak bos masih ngerjain sedangkan pas gw udah bangun si pak bos udah rapi dan ngerjain. Nah yang gila adalah gw tidur jam 4 pagi dan bangun jam 8 pagi. Artinya si bos itu tidur lebih cepet dari gw dan mukanya masih segar kayak orang tidur 8 jam. Gila, emang benar-benar gila. Dan untuk pertama kalinya gw merasakan bahwa kerja itu emang benar-benar gila. Tetapi ini cukup membuat gw terbuka bahwa di dunia ini emang gak ada yang gampang. Semua butuh proses untuk jadi sukses.

Nah buat lo yang masih kuliah, cuma pengen kasi tau aja bahwa kuliah memang benar adalah simulasi pekerjaan. Tetapi pekerjaan yang asli adalah 10 x lebih keras dari kuliah itu sendiri. Simpelnya adalah kalau kalian gak bisa ngelarin tugas, paling banter ya lo ngulang mata kuliah itu. Tetapi coba lo bayangin kalau lo melakukan itu ke klien lo. Apa lo yakin lo dikasi kesempatan untuk mencoba lagi? Gak akan ada bro, sekali gagal, ya lo fail untuk selamanya, nama lo akan dicap jelek. Jadi jangan pernah anggap tugas kuliah kayak kerjaan kantor apalagi levelnya sama kayak kerjaan kantor. Lo heboh dikejar-kejar deadline tugas? Ya elah kalau gak ngumpulin dosen lo, juga ga bakal marah. Tetapi kalau dikejar deadline kantor, siap-siap aja lo dipecat ama si bos.

Paling segitu aja yang bisa gw bahas. Eh ada quote bagus neh dari para mahasiswa yang lagi ngejar deadline tugas hehe. 
Masa-masa kayak begini neh yang bakal bikin kita kangen masa kuliah. (ngerjain tugas ampe begadang).

Gak perlu kangen kok bro, ntar kalau lo udah kerja. Lo bakal ngerasain itu tiap hari. Terlebih lagi lo ngerjain bukan bareng temen lo aja. Bisa jadi sama bos lo. Jadi siap-siap aja sport jantung setiap hari hehe. Oh gw kasi gambar keren juga buat lo yang bakal kerja nanti hehe. 

 
Jadi yang manakah anda nanti? hehehe

0 comments: