Saturday, February 9, 2013

Naruto, Dragon Ball, dan Kera Sakti bagian 1

Halo, selamat malam semua. Udah lama banget nih gw gak nulis. Maklum sekarang ane lagi banyak kerjaan dan lagi mau skripsian. Jadi mungkin frekeunsi menulis seminggu sekali gw akan semakin menurun #halah. Oke berhubung sekarang gw lagi ngikutin naruto #udahlamaseh , jadi gw akan sedikit menulis tentang komik naruto. Sebanarnya gak cuma komik naruto aja, tapi juga filmnya hehe. Jadi begini neh, ceritanya naruto itu mirip banget sama dragon ball, dan memang seh sebenarnya masashi kishimoto itu terinspirasi dari dragon ball karya akira toriyama. Komik Dragon ball sendiri itu terinspirasi dari cerita journey to the westnya orang-orang china (sori bukan rasis neh, gw sendiri selalu nonton kalau filmnya di putar di televisi lokal karena memang ceritanya tuh oke banget).  Nah kemiripan aja yang ada di film naruto, kera sakti dan dragon ball ? Yuk kita telisik lebih jauh.

So yang pertama adalah :

Rasengan, Biju Dama dan Genki Dama

Rasengan merupakan jurus yang dipelajari naruto dari jiraiya. Sedangkan jiraiya sendiri mempelajari jurus itu dari ayah naruto yakni minato atau hokage keempat. Jurus ini menurut si killer bee ketika melatih naruto adalah jurus yang dibuat dengan mempelajari serangan spesial biju atau biju dama. Jurus yang dibuat dengan membentuk tekanan dan putaran menjadi satu. Kalau biju dama dengan menggabungkan cakra positif dan negatif (yah begitulah pokoknya).  Nah dimana kesamaannya? Yang pasti bentuknya, kedua adalah daya hancurnya, dan yang paling penting adalah semua penyeselaian dalam film naruto dan dragonball menggunakan jurus ini yakni rasengan dan Genki Dama. Nah kalau bingung kenapa gw bilang sama daya hancurnya mending baca komik naruto waktu si naruto lawan kakuzu, bandingkan ketika songoku lawan bezita untuk pertama kali. Model hancurnya sama kan tuh, muter-muter gitu deh pokonya. Kalau gak percaya lo baca aja sendiri. 


Nah, lo liat aja, gambarnya aja sama kan. Cuma mungkin yang bedain tuh kalau genki dama ngumpulin tenaga dari mahluk hidup yang ada di alam kalau rasengan dan bijuu dama dari usernya sendiri. Eh tapi gatau juga deng, siapa tau tar juga kayak genki dama. 

Yang kedua adalah 

Jikuukan Ninjutsu dan Jurus Pindah dalam sekejap (gatau nama jepangnya).

Udah pada tahu kan jurus andalah si hokage keempat? Yupz kalau gak rasengan, shiki fuujin (wah ini agak bahaya seh) dan tentu saja jikuukan ninjutsu. Jikuukan ninjutsu memungkinkan penggunanya untuk berpindah dari satu tempat ke tempat yang telah ditandainya dengan sangat cepat. Oleh karena kecepatannya makanya hokage keempat dijuluki dengan konoha yellow flash. Dan ternyata jurus itu emang mirip dengan jurus pindah sekejapnya son goku yang dipelajari dari planet yadorat. Kedua jurus tersebut hanya bisa dipakai ke tempat dimana sang user telah mengetahuinya, kalau jikuukan ninjutsu nagato bisa pindah ke tempat yang telah ditandai mantra tertentu, maka jurus pindah dalam sekejap son goku berpindah ke tempat dimana goku mengetahuinya berdasarkan pancaran tenaga. 

Eh daritadi kesamaannya cuma sama dragon ball aja, kera saktinya kapan? Nah ini dia yang bikin sama naruto dengan kera sakti. 

Yang ketiga adalah Kinkaku dan Ginkaku dengan Raja Emas dan Raja Perak di film kera sakti.

Kinkaku dan Ginkaku adalah orang yang dikatakan memiliki hubungan darah dengan pertapa rikudo dalam film naruto (tau deh bener apa gak). Keduanya dijuluki si emas dan si perak oleh Darui dari desa kumogakure. Mereka bahkan pernah memakan usus kyubi ketika ditelan hidup oleh kyubi dan akhirnya memiliki cakra kyubi. Lalu, bagaimana dengan raja emas dan perak di film kera sakti? yak mereka sebenarnya cuma buah boneka yang tumbuh setiap 10 ribu tahun sekali. Namun, mereka telah diberikan hawa kehidupan ama biksu tong dan menjadi buah setan. Mereka pun akhinya memakan raja emas dan perak dari negara mana tuh gw lupa. So, jadi bisa dibilang si Kinkaku dan Ginkaku itu mirip banget dari emas dan perak di film kera sakti. Berhubung gw gak punya gambarnya, jadi cuma bisa gw kasi liat gambar kinkaku dan ginkaku aja ya hehehe. 





So, lanjut ke bagian yang keempat yakni : 

Kipas Bashonen

Nah, yang ini merupakan kipas sakti peninggalan kakek rikudo. Salah satu dari 5 alat milik pertapa rikudo. Kipas ini memiliki kekuatan serangan angin yang sangat sakti yang mampu membuat tenten membunuh salah satu nyawa dari kakuzu ketika memakainya. Kalau kipas ini udah pasti sama dengan kipas Bashonen dengan yang ada di dragon ball. Walaupun cara kerja di komik dragon ball agak sedikit berbeda karena di komik dragon ball, ketika pengguna menggunakan kipas Bashonen untuk kipasan pertama akan keluar angin kencang mirip dengan bashoshen di komik naruto, sedangkan kipasan kedua akan muncul awan gelap dan kipasan ketiga akan muncul hujan badai. Berikut gambar kedua kipas tersebut.


Nah, begitulah kesamaan dalam film dragon ball. Masih ada lagi seh, tapi tar aja ya di bagian kedua. Oke bye bye semuanya.

2 comments:

ikhsan deathdenim said...

imanuel bayu gue rasa loe kurang cermat dah.
didalam artikel loe, loe lebih memiripkan naruto dengan dragon ball.
tapi kalo menurut gue ceritanya lebih ke arah kera sakti.

satu lagi sebenernya ibunya raja emas dan perak itu siluman rubah bukan buah boneka. dan raja emas dan perak adalah murid dewa taisang dalam cerita asli journey to the west

ikhsan deathdenim said...

imanuel bayu gue rasa loe kurang cermat dah.
didalam artikel loe, loe lebih memiripkan naruto dengan dragon ball.
tapi kalo menurut gue ceritanya lebih ke arah kera sakti.

satu lagi sebenernya ibunya raja emas dan perak itu siluman rubah bukan buah boneka. dan raja emas dan perak adalah murid dewa taisang dalam cerita asli journey to the west