Saturday, February 16, 2013

Tentang Social Media Specialist

Selamat malam para pembaca setia blog gw hehehe. Apa kabar neh? lama tidak jumpa haha. Oke jadi hari ini gw akan sedikit bercerita mengenai social media specialist. Sebenarnya gw udah pernah cerita sih mengenai social media specialist, cuma yang itu kan cuma main-main aja hehehe. Eh gak juga sih, ada benarnya juga kok #nahloh jadi bingung sendiri kan. Oke jadi ceritanya begini neh, akhir-akhir ini gw sama temen gw sering banget neh ngomongin temen gw dan dia. Perilaku temen gw ini di social media semakin lama semakin bikin gw gemes. Gimana gak gemes coba? wong twitnya itu loh, bikin bulu kuduk merinding, pengen di unfollow tapi dia temen gw. gak enak gitu lah #blangkondetected. So, akhirnya gw memutuskan ya udahlah kita tetep follow, tapi diejek di belakang wkwkwk. 

Nah selang beberapa lama, gw sempetin deh ngomong sama temen kantor gw yang juga social media specialist. Tetapi temen kantor gw ini gak sefreak temen gw di social media terutama di twitter. Kalo pun dia ngetwit pun, dia ngetwit mengenai promosi bandnya, maklum temen kantor gw ini merupakan anak band, dan bandnya sudah cukup terkenal di daerahnya. Nah di mulailah pembicaraan mengenai social media specialist neh. Berikut pertanyaan gw ke dia. 

Sebut saja temen gw ini angga.

Gw : Oi ngga, lo sebenarnya kalo main facebook gitu ngapain seh?

Angga : yah nyari info yang berguna tentang client kita lah.
 
Gw : Oh oke, nah kalo lo main tweet deck gitu, sebenarnya lo ngapain aja seh?
 
Angga : gw ngurus akun twitter pribadi sama band gw. Emang kenapa?

Gw : oh kalo tweet deck itu bisa multiple akun gitu ya? baru tau gw hehe.. eh btw, info apaan emang yang lo dapet dari facebook?

Angga : Oke, bakal gw jelasin. Jadi sebenarnya apa yang gw lakuin itu ada laporan tertulisnya yang bakal gw kasi ke si bos. Nah salah satu yang gw teliti adalah bagaimana branding di facebook. Salah satu caranya adalah dengan iklan, biayanya cukup mahal. Namun terjamin pencapain ke si target. Nah yang kedua pake facebook pages. Ini agak riskan tergantung jumlah like di page itu sendiri. 

Gw : Oh, terus bagusan mana donk jadinya?

Angga : Jika ditanya bagusan mana, balik lagi ke biaya. Sebenarnya menurut consortium socmed di indonesia mengenai digital advertising (waduh opo iki). Akan lebih baik facebook pages, karena itu layanan free, tetapi biaya likenya cukup mahal.

Gw : Hah, maksudnya biaya like tuh apaan? bisa beli like gitu?

Angga : ya begitulah, sebenarnya asal lo punya uang, itu bukan masalah besar. Kita tinggal buat ghost account untuk mengakali itu, lalu brandingnya sendiri kita sebar melalui akun pribadi masing-masing. Tekniknya paling simpel adalah dengan melakukan share di akun fb yang memiliki jumlah teman yang banyak.

Gw : eh berarti jangan-jangan kalo ada akun fb yang punya temen banyak gitu bisa dijual donk?

Angga : ya begitulah, jadi jangan heran kalau tiba-tiba lo temenin sama si A bisa jadi beberapa hari kemudian jadi toko si A dengan menampilkan iklan perbesar pen*s dan juga mempersempit v*gina.

Gw : Bujud buneng. terus ada apalagi bro? kayaknya seru nih, btw gw punya temen nih namanya si **** (nama di sensor demi kenyamanan kita semua). Dia sebenarnya orangnya biasa aja, cuma setelah kerja jadi socmed specialist dia jadi freak gitu di twitter. Padahal dulunya gak kayak begitu. Begitu juga followernya. Itu urusannya gimana ya bro?


Angga :Oke jadi begini neh bay. Sebenarnya di twitter itu punya cara main sendiri. Menurut consortium social media specialist (nah ini bocah pasti mw kibulin gw pake consortium2 segala). Cara main di twitter itu tergantung dari jumlah follower dan juga jumlah tweet dari akunnya selama ini.

Gw : maksudnya gimana seh?

Angga : Jadi dalam melakukan promosi branding di twitter itu tekniknya ada 5 buah yakni 
1. Dari tweet yang dilakukan oleh sebuah akun. Jumlah follower sangat mempengaruhi disini. makanya jangan heran kalau temen lo yang biasa2 aja dulunya begitu jadi freak gitu karena memang begitulah pekerjaannya.
2. Dari banyaknya tweet tersebut di retweet.  Karena kekuatan promosi adalah bagaimana informasi yang disebar, dapat menyebar dengan sangat cepat dan luas.
3. Dari banyaknya tweet yang di favorite. Hanya aja yang ini tidak terlalu diperhitungkan. Biasanya yang berhubungan dengan ini adalah produk yang ditunggu oleh target customer. Contohnya kayak blackberry 10. Kalau kita buat tweet tentang tersebut, target yang ingin membeli produk tersebut akan memantau akun kita bahkan sampai memfavorite tweet kita.
4. Dari promote via twitter. Yang ini sebenarnya masih gw pelajari bagaimana cara kerjanya. cuma menurut yang udah gw pelajari selama ini biayanya sekitar 25 $ untuk 1 tweet yang di promote dengan perhitungan setiap retweetnya adalah 1 $ dan favoritenya adalah 5 $. Tetapi ini masih perkiraan ya. 
5. Hubungan dengan buzzer, celebtweet dan socmed specialist.

Gw : Eh maksud hubungan dengan buzzer, celebtweet dan socmed specialist itu apaan? lah emang kalo jadi socmed specialist jadi freak gitu ya?

Angga : Oh, jadi begini ceritanya bro.. sebagai seorang socmed specialist kita harus menargetkan produk yang ingin di promosikan itu sampai di pasar dengan baik. Nah salah satu jalannya dengan hubungan dengan buzzer dan celebtweet karena mereka memang punya pengaruh di twitter dan memungkinkan kita untuk bisa memasarkan produk kita dengan baik. Salah satu caranya adalah dengan ya ngetweet gitu. Nah temen lo itu jadi freak gitu karena emang itu pekerjaannya, dia melakukan perhitungan statistik setiap tweet yang dilakukannya.

Gw : tapi tweet temen gw ini aga freak gitu, galau2 ga jelas bin sampah gitu lah. emang sih kadang-kadang lucu cuma lebih banyak sampahnya. 

Angga : temen lo dulunya biasa aja kan?

Gw : iya, tapi jadi freak gitu sekarang. malahan sok2 kenal ama selebtweet gitu. geli gw jadinya.

Angga : Nah itu, artinya dia uda work out, artinya dia memperhatikan setiap tweet yang dikeluarin terus memperhitungkan statistiknya gitu. Kalau temen gw yang lain seh biasanya begitu, dia memperhatikan bagaimana follower tersebut merespons dan tindakan apa yang harus diambil agar bisa memasarkan produk dengan baik. Begitu pula jika berhubungan dengan celebtweet, mereka bertukar informasi 1 dengan yang lain agar dapat meraup keuntungan dengan cara survey.

Gw : Oh begitu toh, emang kalau kerja sama buzzer gitu gimana? 

Angga : Nah, simple aja. tau raditya dika kan? followernya udah 3 jutaan tuh dan akunnya pun mendapatkan verified dari si twitter. Twitnya dia pun berkisar 3-5 juta rupiah untuk buzzer, itu pun belum termasuk jumlah retweet dan favorite yang dia dapatkan dari twitnya.

Gw : waduh mantap banget berarti ya. Tetapi yang lo pantau cuma twitter sama fb aja ya?

Angga : wah, itu mah cuma sebagian kecil aja. kan masih banyak tuh akun social media yang lain. Namanya juga social media specialist, harus punya semua akun social media lah dan memantau kinerjanya.

Gw : okelah kalau begitu...

Demikian lah pembicaraan gw dengan temen gw. Dan jangan anda percaya begitu saja. #loh

0 comments: